Cara urus Crossref Similarity Check Powered by iThenticate

Membahas mengenai digital object identifier (DOI) dan segala layanan RJI yang bekerjasama dengan CrossRef
andri.putra.kesmawan
Posts: 159
Joined: 31 Dec 2016, 19:19
Location: Yogyakarta
Contact:

Cara urus Crossref Similarity Check Powered by iThenticate

Postby andri.putra.kesmawan » 12 Jan 2019, 13:16

Apa itu Crossref Similarity Check (CSC) Powered by iThenticate

Crossref Similarity Check (CSC) Powered by iThenticate (Selanjutnya disebut CSC iThenticate) merupakan inisatif dari iThenticate (iParadigm) dan Crossref untuk menunjang kegiatan publikasi ilmiah di seluruh dunia. Layanan CSC iThenticate menawarkan cara terbaik bagi para Scholar atau penggiat publikasi ilmiah sebagai user untuk membandingkan artikel yang dimilikinya dengan basis data publikasi terbesar di dunia. Pengguna CSC iThenticate juga mendapatkan akses text comparison tool yang dimiliki oleh Turnitin.

Biaya

Biaya berlangganan CSC iThenticate jika merujuk pada Biaya dari Crossref terdiri dari dua bagian: pertama, biaya layanan tahunan dan kedua, biaya pemeriksaan per-dokumen. Namun jika mendaftar melalui Affiliate Sponsored Member Relawan Jurnal Indonesia (RJI), maka cukup membayar biaya pengecekan Dokumen saja, untuk biaya tahunan sudah ditanggung RJI atau gratis bagi member. Dan untuk 100 dokumen pada tahun pertama tidak dikenakan biaya atau Gratis. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat sebagai berikut.
Jumlah Dokumen_____Biaya
1 – 100_____$0.00
101 – 5.000_____$0.75
5.001 – 25.000_____$0.65
25.001 – 50.000_____$0.55
50.001 – 100.000_____$0.45
100.01 – 200.000_____$0.35
>200.000_____ $0.25
Catatan: Kurs rupiah yang digunakan adalah pada saat penagihan

Caranya mendaftar
Berikut ini adalah ringkasan cara bagaimana mendaftar layanan CSC-iThenticate, untuk panduan lengkap dan bergambar bisa akses di http://bit.ly/panduandaftarCSC atau https://drive.google.com/open?id=1rNVFuQNaPxD09x6a4yJwU9QxTvIUOGu1

1. Isi Formulir dari RJI https://forms.gle/MDitwqdntDAFk4PX8 (request invoice) kemudian bayarkan tagihan tersebut dan buktinya upload melalui http://bit.ly/buktibayarCSC atau https://forms.gle/xrRPAo2p2SUnrkhZ9
2. Tahap selanjutnya adalah memeriksa prosentasi jumlah artikel yang pernah diaktivasi DOInya dan sudah menyertakan url PDF dalam metadatanya. Silahkan Kunjungi https://www.crossref.org/services/similarity-check/
3. Pada bagian member name, silahkan tulis nama Publisher yang didaftarkan mejadi publisher prefix DOI anda. Dalam contoh berikut saya menuliskan Djati (lengkapnya Sunan Gunung Djati State Islamic University – nama yang didaftarkan pada DOI – cukup satu kata maka secara otomatis akan ditawarkan bebrapa nama pubisher yang mengandung nama tersebut, silahkan pilih yang anda maksud
4. Maka akan keluar prosentase jumlah artikel yang sudah diaktivasi DOI dan menyertakan URL pdf dalam metadatanya. Jumlah prosentase minimal untuk dapat melanjutkan pendaftaran adalah 90%. Jika sudah di atas 90% cari tulisan apply here kemudian lanjut ke langkah 9. Jika dibawah 90% lanjut ke langkah berikutnya
5. Agar memenuhi syarat, Anda harus mendaftarkan url teks lengkap (PDF) minimal 90%. Silahkan download CSV dengan cara klik Generate CSV.
6. Buka file CSV (bisa dengan MS Excel) tersebut dan lengkapi isian kolom <item crawler="iParadigms"> yang isinya masih NULL. Jika sudah terisi semua, silahkan simpan (masih dengan format .csv) dan lakukan proses Upload ke Webdepositnya Crossref.
7. Buka Web Deposit Form di url http://www.crossref.org/webDeposit,
a. pilih bagian Supplemental-Metadata Upload.
b. upload file CSV yang sudah dilengkapi sebelumnya (langkah ke 6)
c. Masukkan Username dan Password Crossref anda beserta email anda dan.
d. Klik Upload CSV file dan URL PDF anda akan disubmit dan diproses ke Crossref untuk dilakukan proses update pada metadata DOI yang tercantum
8. Periksa kembali prosentasi jumlah artikel yang pernah diaktivasi DOInya dan sudah menyertakan url PDF dalam metadatanya dengan mengunjungi https://www.crossref.org/services/similarity-check/ dan tuliskan nama publisher anda. Cari tulisan “Apply Here” utk mengisi formulir dari Crossref
9. Mengisi form pendaftaran Similarity Check dari Crossref dan Pada bagian “Working with Sponsor” pilih “yes” dan tuliskan Relawan Jurnal Indonesia karena ini khusus untuk yang mendaftar DOI melalui RJI.

Silahkan ditunggu konfirmasi dari Crossref yang akan dikirimkan ke email anda. Rata-rata konfirmasi dikirim 7 hari kerja (bisa saja berbeda tergantung pihak Crossref) setelah pengisian formulir.

Catatan:
 ! Message from: andri.putra.kesmawan
Akun Similarity Check ini Powered By Ithenticate satu perusahaan dengan Turnitin.
Jika sudah dapet akun, mohon tidak menggunakannya untuk cek selain artikel yg dikirim ke jurnalnya di instansi tersebut.

 ! Message from: busro
Per Juni 2019 ada perubahan policy dari similarity check service. Perubahan yang sangat menggembirakan.

1. Invoice similarity check content dari crossref jadi satu dengan invoice doi.

2. Free 100 documents check pertama tiap tahun

3. Tidak ada perubahan biaya tahunan atau konten untuk similarity check

4. Akun tetap sama pakai ithenticate, tapi disini turnitin yg bekerjasama dengan crossref. Bukan member yg kerjasama dengan turnitin.

5. Aturan dapat akun tetap sama, yakni minimal 90% konten jurnal wajib disetor fulltext urlnya di doi. Jika ingin dapat akun similarity check.

6. Untuk akun lama. Akan dikirimi sign kontrak baru oleh crossref mulai minggu depan. Jadi, mohon nanti direspon email itu. Setelah di respon satu minggu kemudian akan dapat invoice terakhir dari turnitin. Setelah itu mulai januari 2020. Invoice datangnya dari crossref.

7. Untuk akun baru, mulai pengajuan minggu depan langsung diproses dengan kontrak baru dengan crossref.

https://www.crossref.org/blog/similarit ... -changing/
Andri Putra Kesmawan

Universitas Gadjah Mada
Email: andriputrakesmawan@gmail.com
andri@relawanjurnal.id
+62818240698

busro
Posts: 81
Joined: 31 Dec 2016, 18:24
Location: bandung
Contact:

Re: Cara urus Similarity Check bagi yang sudah dapat Prefik DOI melalui RJI

Postby busro » 10 Aug 2019, 05:46

Tanya Jawab
1. Apakah saya harus menjadi anggota Crossref dapat layanan similarity Check?
Ya, layanan ini hanya untuk anggota Crossref saja.
2. Teknologi apa yang digunakan dalam layanan Similarity Check?
Teknologi yang dipakai adalah iThenticate yang dimiliki oleh Turnitin.
3. Apa perbedaan antara Similarity Check dan iThenticate?
Tidak ada bedanya secara alat, hanya saja kalua Similarity Check hanya dikhususkan untuk anggota Crossref saja sedangkan iThenticate siapa saja bisa menggunakannya asal berlangganan terlabih dahulu. Perbedaan lainnya jika menggunakan Smilarity Check harga yang didapatkan jauh lebih murah.
4. Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki pertanyaan atau masalah dengan Similarity Check maupun iThenticate?
Jika Anda memiliki masalah teknis dengan Similarity Check maupun iThenticate, silakan hubungi tim di Turnitin pada:
Email: ccsupport@ithenticate.com
Telepon: 1 866 816 5046 x241
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara benar-benar menggunakan iThenticate, silakan hubungi tim di Turnitin hingga akhir Agustus 2019. Setelah waktu ini, Crossref akan mulai memberikan orientasi dan pelatihan khusus untuk anggota.
Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jw
Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung
08986143832

natarini
Posts: 1
Joined: 16 Jan 2019, 14:40

Re: Cara urus Crossref Similarity Check Powered by iThenticate

Postby natarini » 30 Oct 2019, 14:22

Mohon bantuan setting simillarity check by iThenticate yang betul bagaimana ya? karena bbrp minggu ini saya check similarity hasilnya tergolong rendah terus 0-3 %. Apakah ada yang salah dengan setting nya? terimakasih


Return to “CrossRef”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest