Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Diskusi mengenai inklusi ke database DOAJ, berbagi pengalaman ketika mendaftar, dan penolakan oleh DOAJ.
User avatar
ikhwan
Posts: 52
Joined: 23 Dec 2016, 15:54

Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Postby ikhwan » 21 Dec 2018, 15:20

Prens, mari berbagi pengalaman mengenai penolakan aplikasi DOAJ dengan menyampaikan apa alasan penolakan tersebut. Jangan di copy paste ya, sebab itu kan komunikasi personal antara jurnal dengan editor DOAJ. Sampaikan saja ringkasnya kenapa ditolak. Mudah-mudahan dengan berbagi pengalaman itu, jurnal lain yang akan mendaftar ke DOAJ bisa mempersiapkannya lebih baik. Tuliskan seperti ini:

    Nama Jurnal
    Alamat website jurnal
    Tanggal mendaftar ke DOAJ (berasal dari email notifikasi pendaftaran)
    Tanggal menerima jawaban dari DOAJ
    Komentar pada jawaban penolakan aplikasi (bebas dalam bahasa aslinya, atau mau ditulis ke Bahasa Indonesia)

Terima kasih atas kebaikan hatinya berbagi pengalaman mendaftar DOAJ.
Ikhwan Arief

Universitas Andalas : http://www.unand.ac.id
Directory of Open Access Journals : https://doaj.org/

:ugeek: Walk in their shoes and you'll understand.

sariphidayat
Posts: 4
Joined: 05 Feb 2018, 09:36

Re: Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Postby sariphidayat » 15 Jan 2019, 10:50

Baiklah, saya coba berbagi pengalaman tentang pendaftaran DOAJ yang gagal.
Setelah menunggu sekitar enam bulan, akhirnya diperoleh balasan dari pihak reviewer DOAJ yang menyatakan bahwa dalam jurnal saya ada alur editorial yang bermasalah. Sayangnya reviewer tidak menyebutkan bagian mana yang bermasalah? Detailnya yang tidak disebutkan. Akhirnya saya mencoba menelusuri tentang permasalahan itu. Saya lihat di bagian editorial team. Di situ memang tertulis ada International Editorial Board yang nama-namanya persis sama dengan yang ada di menu Peer Reviewer. Mungkin juga karena ada satu nama yang memiliki peran ganda dalam editorial board. Jadi saya mencoba memperbaikinya. Pertama, menghilangkan menu International Editorial Board di bagian Editorial Team karena sejatinya International Editorial Board bukan bagian dari tim. Kedua, Hanya memunculkan satu nama untuk setiap penugasan yang dimunculkan di Editorial Board.
Saya diamkan jawaban itu dan tidak memproses pengajuan ulang DOAJ itu karena malas: persoalan yang sepele itu (dengan hanya menghilangkan bagian-bagian itu dalam tampilan OJS) harus mengajukan ulang pendaftaran DOAJ dan menunggu enam bulan lagi?

Beberapa waktu lalu saya mencoba menjawab pos-el reviewer DOAJ dan mendapatkan jawaban bahwa pengajuan dapat dimulai lagi tanggal 16 Januari ini. Jadi, nanti saya coba lagi dan kalau ditolak, saya akan mengikuti saran Mas Lutfi untuk japri reviewernya, hehe.

Salam

Sarip Hidayat
Balai Bahasa Jawa Barat: http://www.metasastra.web.id

ratodi
Posts: 42
Joined: 31 Dec 2016, 07:20
Location: Surabaya
Contact:

Re: Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Postby ratodi » 18 Jan 2019, 00:12

Semangat dan sukses pak Sarip dan tim.. :)
Muhamad Ratodi
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
www.mratodi.com
mratodi@uinsby.ac.id

User avatar
umar
Posts: 6
Joined: 07 Jan 2017, 10:37
Location: Madura
Contact:

Re: Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Postby umar » 18 Jan 2019, 09:38

Ijin masuk admin, dan sharing terkait DOAJ.

Saat ini proses Accepted by DOAJ mulai terjadi peningkatan. Jika kita membaca form pengajuan pada menu Apply di DOAJ akan terlihat betul.
Banyak sekali jurnal yang saat apply ke DOAJ asal jawab (pasang link). Menurut pengamatan saya, saat ada pelatihan indexing to DOAJ misal. Sebagian pengelola ada yang menyiapkan dengan betul-betul, adapula yang ASPAL (asal pasang link). Jika melihat ketentuan tetap saja. Berikut yang bisa diperhatikan, diantaranya:

1. Journal title: Pastikan nama jurnal antum sama dengan yang terdaftar di ISSN LIPI
2. URL link jurnal: upayakan lha setelah apply, 24/7 hari selama 1 bulan selalu aktif tu link. jangan sampai down.
3. ISSN online maupun cetak: pastikan deh sudah benar
4. Question 6 - Question 12: Saya rasa gampang to, publisher mana, society mana. dan Opsional kok
5. Q13 - Q17: Mulai deh terkait fee untuk submission dan article processing. Bayar atau tidak, ndak usa bertele-tele apalagi sampai ditunjukan di Author Guidelines untuk membaca bahwa free atau tidak.... Kan OJS bisa tambah Add Item to Appear in "About the Journal", di setup 2 kan. Jelaskan disitu saja. Misal contoh begini deh ane kasih link http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekon ... s#custom-2
6. Kasus DOI: Jika belum aktif doi nya jangan pasang dulu deh, atau jangan centang jurnal antum semua sudah ber DOI.
7. Q35: Pilih bahasa terkait artikel yang antum semua publish. Bisa pilih 2 bahasa, indonesia sama ingglis. Yang tidak diperkenankan itu, Misal default bahasa dalam OJS anda menjelaskan terkait keseluruhan di menu about berbahasa inggris yang bahasa inggris semua, meski artikel antum berbahasa indonesia no problem.
8. Q36: Para editor, saya lebih menyarankan jika hanya minimal 5 dewan editor. Setidaknya 3 editor dari luar dan 2 dari dalam. Jangan semua dari dalam. Fatal deh jurnal antum pasti di eng ing eng dari DOAJ.
9. Lha terkait Peer Review Process. Pilih yang mana, dan jelaskan secara gamblang bahwa jurnal antum review-nya menggunakan itu. Jangan asal comot dari jurnal orang, eh pas pilih salah. Itu namanya uda jatuh kejatuhan tangga lagi. Amsyong dah.
10. Focus and Scope, gampang to...Lha sekarang menuju ke Panduan Penulis. No Problem template langsung ada di OJS, atau model frame. Yang penting ada. dan kalau bisa yang langsung nempel ke OJS (jika bahasa default OJS berbahasa inggris ya template inggris lha, begitu juga sebaliknya). Jangan sampai salah loh ya gan dan sist.
11. Pernyataan Open Acces, gampang kan. DOAJ kan open Acces. Ruh dari DOAJ adalah Open Acces, jadi kalau misal ada jurnal yang eh mau baca pdf harus login itu mah kagak asik. Tapi gpp kalau harus login sebagai reader kan pastinya. Tapi males kan yang mereview jurnal antum
12. Ciahhhh mulai ni ke Content Licensing
Untuk Q45, sebenarnya apakah ada embed or display licensing di tiap artikel. So, link yang ditempel adalah link artikelnya. Jangan link Copyright.
Terkait mau pakai licency apapun, terserah antum semua. Asalkan ada penjelasanya di OJS antum
Lha terkait Q52 dan Q54 saya sarankan No saja.

Salam

Pecinta Surya Gudang Garam
Isi 12 Batang

fredrikndjurumana
Posts: 2
Joined: 27 Apr 2017, 09:19

Re: Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Postby fredrikndjurumana » 26 Mar 2019, 21:49

Ijin share terkait pendaftaran DOAJ yang gagal. Mungkin teman-teman punya solusi untuk masalah saya ini.
Saya mengalami 2 kasus yang sama terkait pendaftaran jurnal yang kemudian ditolak oleh DOAJ. Dalam kasus pertama, alasan penolakan disebabkan oleh adanya popup iklan di halaman jurnal kami, sedangkan kasus kedua adalah ada popup di halaman jurnal kami yang mengarah langsung ke situs kencan online.
Untuk kasus pertama, saya sudah berusaha untuk memeriksa semua script yang ada, termasuk mencoba mengakses jurnal itu dari berbagai provider. Dari sekian banyak provider yang digunakan, popup iklan tersebut muncul hanya ketika saya dan teman2 mengakses halaman jurnal menggunakan IndiHome, WifiID dan jaringan Telkomsel.Sedangkan provider yang lain tidak ada masalah.
Untuk kasus yang kedua, prosedur yang sama juga saya lakukan, dan menunjukkan hasil yang sama.
Pertanyaan saya, kenapa popup iklan dan sejenisnya bisa terjadi ketika jurnal kami itu diakses oleh reviewer DOAJ? Sementara ketika diakses oleh pengguna lain yang tidak?
Seandainya reviewernya menggunakan salah 1 dari 3 provider tersebut, atau provider lain yang menerapkan kebijakan injeksi iklan secara diam-diam, apakah kemudian kami yang harus menanggung kesalahan itu?

Apakah hanya DOAJ yang diakui oleh pemerintah sebagai lembaga pengindeks menengah? atau ada lembaga pengindeks lain juga yang setara dengan DOAJ?

Terima kasih

irfanhabibie
Posts: 5
Joined: 24 Nov 2018, 14:35

Re: Jawaban DOAJ untuk Pendaftaran yang gagal

Postby irfanhabibie » 08 Apr 2019, 22:16

jurnal saya ditolak karena mencantumkan double blind review padahal reviewernya hanya tiga. baru boleh mendaftar lagi katanya 6 bulan lagi.


Return to “Directory of Open Access Journals (DOAJ)”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest