Mengenal Metadata Delivery Crossref

Membahas mengenai digital object identifier (DOI) dan segala layanan RJI yang bekerjasama dengan CrossRef
ratodi
Posts: 43
Joined: 31 Dec 2016, 07:20
Location: Surabaya
Contact:

Mengenal Metadata Delivery Crossref

Postby ratodi » 12 Jan 2019, 11:17

Warning: Konten ini berisi spoiler dari buku "Optimalisasi Layanan Crossref pada Jurnal Ilmiah" :)

Banyak pihak yang perlu memasukkan metadata ilmiah ke dalam perangkat lunak dan layanan mereka, contohnya untuk Sistem pelacakan naskah, Platform hosting, software manajemen bibliografi, Sistem perpustakaan, Alat pembuat profil peneliti, Database subjek spesialis, Jejaring ilmiah, Layanan metrik dan analisis, hingga Alat anotasi dan Mesin pencari

Penyebaran metadata yang dihasilkan akan meningkatkan kemampuan menemukan suatu artikel. Penggunaan API Crossref secara luas telah membantu memastikan bahwa seluruh pihak dapat membuat kutipan artikel dari anggota Crossref secara solid, konsisten, dan akurat untuk kepentingan penerbit, pembaca, dan organisasi yang menggunakan layanan pengiriman metadata Crossref.

Bagaimana cara kerjanya?
Ada dua cara utama untuk mendapatkan metadata Crossref. Yang pertama adalah dengan menggunakan User Interface dan Metadata Search, sebuah human interface terbaru dari Crossref, yang bersifat terbuka, paling komprehensif, dan paling mudah digunakan.

Metadata Search (https://search.crossref.org/)
Metadata Search adalah user interface utama kami untuk mencari dan menyaring metadata Crossref. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memasukkan istilah apa pun dan pengguna dapat mencari dan memfilter sejumlah elemen, termasuk ISSN, ORCID, data pendanaan, dan lainnya. Layanan ini juga dapat digunakan untuk mencari DOI untuk referensi .

Simple Text Query (http://apps.crossref.org/simpleTextQuery)
Simple Text Query adalah alat yang dirancang untuk memungkinkan anggota Crossref agar dengan mudah menghubungkan referensi mereka melalui DOI. Hal ini memungkinkan anggota untuk mencari DOI untuk beberapa referensi yang diformat sekaligus dan kemudian menyimpannya untuk memenuhi kewajiban Reference Linking.

Cara yang kedua adalah menggunakan API (Application Programming Interface) untuk mesin: Crossref memiliki sejumlah API untuk mengakses metadata. Ada satu API yang sifatnya untuk tujuan umum dan beberapa lainnya yang bersifat khusus. Crossref merancang API khusus tersebut untuk anggotanya sehingga mereka dapat mengelola metadata mereka API mereka berdasarkan kepada standar yang populer di masyarakat.

REST API: REST API memungkinkan sebuah mesin yang canggih dan fleksibel serta akses terprogram untuk mencari dan menyaring metadata Crossref. API ini dapat digunakan semisal untuk mencari metadata artikel atau menemukan retraction yang terdaftar di Crossref. API ini juga memungkinkan pengguna untuk mencari dan memfilter sejumlah elemen, termasuk pemberi dana, atau semua item konten dengan iD ORCID. REST API terbuka untuk semua dan termasuk dalam layanan Plus Crossref

OAI-PMH: API ini menggunakan standar yang populer pada komunitas perpustakaan yang memungkinkan anda memanen metadata. API ini termasuk dalam layanan Plus Crossref.

OpenURL: API ini memungkinkan Anda untuk mencari DOI Crossref sebagai referensi dengan menggunakan standar yang populer di komunitas perpustakaan dan terutama dengan layanan link resolver.

Beberapa pengguna yang telah menggunakan REST API Crossref diantaranya adalah Authorea, Crossref Search, Paper Hive, PLOS ALM / Event Data, PKP OJS Crossref Plugin, Kudos dan lainnya
Muhamad Ratodi
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
www.mratodi.com
mratodi@uinsby.ac.id

Return to “CrossRef”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest